• SMP Negeri 7 Kota Tangerang Selatan
  • 021-7565617
  • smpn7_tangsel@yahoo.co.id

HALAMAN

  • SEKOLAH KITA

     

    SEBAGAI orangtua tentu pendidikan anak adalah hal yang harus diutamakan. Ibaratnya, pendidikan sejak dini adalah modal dasar bagi anak untuk menggapai masa depan yang cerah. Namun seringkali saat ingin mencarikan sekolah yang tepat bagi anak, orangtua kerap kebingungan. Bingung karena ada banyak sekali sekolah yang mengklaim mengutamakan kualitas pendidikan. Mana yang terbaik bagi anak?

    Sebenarnya, kebingungan orangtua bisa diatasi dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Dapodik memang lebih banyak dikenal hanya di kalangan pendidik (guru) dan orang-orang di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) saja, seperti para guru atau pegawai dinas pendidikan dan kebudayaan. Padahal, masyarakat umum dan awam pun sebenarnya dapat memanfaatkan Dapodik tersebut.

    Drs. Ade Nasrun, M.Si, Kepala Sub Bidang Data Ketenagaan Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud, menjelaskan bahwa Dapodik adalah suatu sistem pendataan yang dikelola oleh Kemendikbud. Sistem pendataan ini memuat data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan substansi pendidikan yang datanya bersumber dari satuan pendidikan yang terus-menerus diperbaharui secara online.

    Menurut Ade, Dapodik sudah memiliki dasar hukum yang kuat, yaitu Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 79 tahun 2015, sehingga data yang tercantum di dalam Dapodik sudah valid dan sudah terverifikasi sebelum di-publish ke masyarakat umum. Disebabkan Dapodik telah dibuat secara online, maka masyarakat umum dapat mengakses Dapodik, cukup dengan menggunakan browser internet.

    Ingin mengakses dan menggunakan Dapodik tersebut? Jangan khawatir, tentu ini bisa dilakukan dengan mudah. Kemendikbud telah membuat situs bernama SEKOLAH KITA, dengan alamat situs milik SEKOLAH KITA . Situs ini memuat data-data di Dapodik yang dapat diakses oleh masyarakat umum.

    Di situs ini juga, masyarakat dapat melihat profil, peta lokasi, dan perbandingan sekolah-sekolah, baik PAUD, sekolah dasar (SD), sekolah menengah (SMP, SMA, SMK), SLB, dan pendidikan masyarakat di 514 kabupaten/kota seluruh Indonesia.

     

    Melalui situs SEKOLAH KITA, masyarakat dapat membandingkan sekolah-sekolah yang ada karena bisa melihat profil sekolah tanpa harus datang mendatanginya. Sebagai contoh, jika akan mencari Sekolah Dasar Negeri (SDN) di kecamatan Depok kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, maka akan ditemukan 37 SDN (data bulan Mei 2018). Kita juga dapat menyaring, misal hanya ingin menampilkan SDN yang terakreditasi A saja, maka akan ditemukan sebanyak 10 SDN yang terakreditasi A di kecamatan Depok Sleman. Kemudian, kita dapat juga melakukan perbandingan dari sekolah-sekolah yang telah ditemukan tersebut. Pada gambar berikut, terlihat perbandingan antara SD Negeri Bhakti Karya dengan SD Negeri Deresan.

    Profil masing-masing sekolah bahkan bisa dicek secara lengkap. Mulai dari jumlah guru, jumlah siswa laki-laki, siswa perempuan, rombongan belajar (rombel)/kelas, kurikulum yang digunakan, pelaksanaan sekolah (pagi, siang), manajemen berbasis sekolah, ketersediaan akses internet, daya listrik, luas tanah, proses pembelajaran, rasio siswa rombel, rasio siswa ruang kelas, rasio siswa guru, persentase kualifikasi guru, persentase guru tersertifikasi, persentase guru, persentase ruang kelas yang layak, jumlah ruang kelas, laboratorium, perpustakaan, kondisi sanitasi siswa (MCK), dan kondisi sekolah dalam bentuk foto-foto.

     

    Bagusnya lagi, dengan melihat situs SEKOLAH KITA, masyarakat juga dapat ikut mengecek apakah data yang ditampilkan oleh sekolah tersebut benar atau valid sesuai dengan kenyataan. Misalnya, apakah benar jumlah siswa di suatu sekolah adalah 200 orang. Itu semua dapat dicek di situs SEKOLAH KITA.

    Tak hanya itu, situs SEKOLAH KITA juga menyediakan fasilitas untuk mengetahui data alokasi APBD di provinsi/kabupaten/kota untuk pendidikan, bagaimana data kondisi sarana prasarana ruang kelas/ruang penunjang di suatu daerah, berapa rerata hasil Uji Kompetensi Guru (UKG) di suatu provinsi/kabupaten/kota, berapa rerata hasil Ujian Nasional (UN) dan Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) di suatu daerah, serta fasilitas pencarian data lain.

    Penasaran? Coba saja langsung cek di http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/

    Ingin tahu lebih banyak tentang Guru dan Tenaga Kependidikan? Cek Facebook Ditjen GTK Kemdikbud RI atau follow Twitter @gtk_kemdikbud dan Instagram @ditjen.gtk.kemdikbud

    (SEKOLAH KITA DI KLIK)

KOMENTAR